Bersepeda Sendiri Dengan Semangat Membayar Hutang


                   

Pedagang baik mengizinkan ku berhutang dan harus ku bayar dengan bersepeda sendiri menuju daerah monkey forest.

Banyak orang bilang bahwa kesehatan sangat penting  tiada tara. Hal ini menjadi motivasi ku dalam mewujudkan itu semua. Olahraga yang dikatakan aman dan murah seperti jalan cepat, jogging, renang, bersepeda dan lain-lain. Dari sekian banyak pilihan itu, bersepeda dan jogging menjadi rutinitas ku akhir-akhir ini.

September 2010 menjadi awal bersepeda dalam hidupku. Route pertama yang aku tempuh  adalah denpasar-monkey forest. Pengalaman begitu mengesankan dan akhirnya membuat ku ketagihan untuk bersepeda tiap sabtu pagi.

Perjalanan ke ubud akan melewati jalan aspal, jalan pedesaan, jalan persawahan, jalan perumahan sampai jalan ke sungai. View sawah akan lebih dominan selama perjalanan. Diantara perjalanan itu, ada satu tempat peristirahatan spesial bagi masyarakat setempat. Tempat itu bernama warung Budhi dan makanan yang paling laris dijual sering disebut “bubuh kolak”. Tempat bersih dan harga murah menjadi sebutan ku.

Suatu ketika karena buru-buru, aku lupa membawa uang  dan setibanya di warung Budhi aku bertanya, “apakah boleh ngebon ?” Bu Made sang penjual bubur ternyata tidak mempermasalahkan itu. Sebangkuk bubuh aku nikmati dengan kondisi ngebon.

Hari-hari selanjutnya ternyata aku tak sempat bersepeda, hal ini berdampak pada beban pikiran ku yang belum membayar hutang. Aku merasa rejeki ku terhambat karena belum membayar hutang di warung Budhi.

Sabtu pagi di akhir bulan April 2011, aku bertekat segera melunasi hutang itu, aku bangun pagi pukul 05.00 wita mempersiapkan segalanya dan berangkat pukul 06.00 wita. Jika orang tahu, betapa hebatnya diriku bersepeda sendiri menuju monkey forest, hanya karena satu tujuan mulia, yaitu membayar hutang.

Tinggalkan Balasan

