Mendaki Batur


20120923-151843.jpg

22 September malam kami yang berjumlah 16 orang memutuskan mendaki gunung Batur. Semua persiapan seakan sudah beres tapi ternyata ada saja yang lupa membawa senter. 13 orang dari Denpasar berangkat dengan sepeda motor jam 9 malam sedangkan 3 orang lagi berangkat dengan mobil dari Ubud. Tempat kami curhat biasanya di email group bali outbond comunity.

Saya baru sadar bahwa malam itu adalah malam kajeng Kliwon menurut hari Hindu. Malam itu om Viar sebagai komandan pendakian kami meleset menentukan jalan ke puncak dan memutuskan kita untuk membuka jalan baru dengan kemiringan kurang lebih 70 derajat. Beberapa kawan yang memang pertama kali mendaki sangat merasakan sensasi yang luar biasa dengan jalan baru itu.

20120923-153716.jpg

Kami berangkat jam 12 malam yang sebelumnya dilakukan doa bersama, kami sempat berharap biasa tiba di puncak jam 4 pagi tapi kenyataan nya kami tiba jam 6 pagi. Selama perjalanan kami banyak berhenti saling menunggu kawan yang cepat lelah dan tak terbiasa jalan jauh. Saya pribadi selalu memanfaatkan waktu menunggu itu dengan tidur sejenak, sangat nikmat walau hanya sebentar-sebentar.

20120923-154249.jpg

Kekompakan kami sangat saya rasakan dengan suksesnya kami tiba di puncak dalam jumlah utuh dan waktu yang bersamaan, walau kami sudah melewati 6 jam perjalanan menuju puncak yang semestinya biasa di tempuh dalam waktu 4 jam jika melalui jalan yang benar.

Ketika turun gunung, saya hitung bahwa waktu yang kami habiskan hanya 3 jam , satu hal yang membuat saya lelah adalah kondisi jam 10 pagi di sana serasa jam 12 siang. Oleh sebab itu tak heran jika kami mengalami dehidrasi setelah pendakian. Bahkan yang terbiasa terjadi adalah mereka akan merasa pegal kaki jika tak terbiasa olahraga teratur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s