BPR Lestari Penyelenggara Entrepreneur Festival 2017 



Dalam acara yang bertajuk entrepeneur pada 18 Maret 2017 bertempat di hotel Harris conventions jalan Cokroaminoto Denpasar itu telah menghadirkan banyak pengusaha. 

Pada sesi ini ada banyak nominator entrepreneur di antaranya : 

1. Ni Putu Arie Utami (Anemone cara baca ajaib)

2. Rani (pie susu ratu) 

3. Amelia (toko bangunan Home solution)

4. Ketut sulistiawati (Somia consulting) 

5. Ketut kartika 

6. Ari wicahyana (baladeva)

7. I Nyoman Sukadana (Elizabeth International)

8. Ida ayu Oka Purnamawati (bros Hospital)

9. Gede sumandana (unagi handicraft)

Penghargaan the ikon bali khusus dipersembahkan kepada Mario Blanko. Menurutnya untuk menjadi anak seniman itu kata orang mudah, tapi pada kenyataannya sulit. Saya sebagai penerus ayah saya, saya seorang seniman dan juga menjalankan usaha. Saya penerus museum Blanco dan baru selesai total pada tahun 2000. Ternyata museum Blanco sudah dijadikan contoh oleh beberapa pelukis dan sesungguhnya museum sudah ada sejak lama walaupun hanya berbentuk rumah galeri. 

Sedikit cerita dari Ni Putu Arie Utami pendiri Anemone cara baca ajaib. Pada awalnya saya adalah tamatan sarjana arsitek, seorang ibu yang punya masalah dengan anak saya yg belum bisa baca sebelum masuk sekolah. Akhirnya saya coba-coba sendiri dan akhirnya menemukan metode cara baca ajaib. Anemone punya konten lokal yaitu memberi solusi cara membaca cepat. Awalnya brandingnya cukup sulit, sampai jemput anak-anak biar mau di tempat kami. Awal buka Anemone pada tahun 2007 mengajar sendiri sampai kewalahan dan mulai expansi ke beberapa kabupaten di bali karena ada beberapa orang tua dari Kintamani atau Bangli yg mengantar anaknya ke Denpasar hanya untuk belajar cara membaca ajaib Anemone. Akhirnya pada tahun 2012 anemone menjadi franchaise dan sekarang ada 56 outlet. Kata-kata hebat adalah kita harus melihat kebutuhan pasar untuk tetap bertahan dalam usaha ini. 

Paparan I Nyoman Sukadana saat itu bahwa Elizabeth International di awal brandingnya sangat kuat. Dulu saat saya kuliah sempat kerja daily worker di hotel, tapi uangnya sedikit akhirnya saya jualan ukiran guci dan hasilnya lumayan karena saya ingin membeli mobil. Tamat kuliah kemudian mendirikan kursus bahasa Inggris di Bangli dan merasa nyaman mendirikan kursus bahasa Inggris. Seiring perjalanan waktu dan rintangan akhirnya lahir Elizabeth internasional yang saat ini menjadi peminat banyak orang sebagai tempat belajar. 


Pengusaha wanita bali bernama Ketut Sulistiawati bergerak dalam bidang yang unik dan tidak banyak orang melakoninya. Ibu Sulis pernah tinggal di Singapore selama 10 tahun dan secara nasional sudah sangat terkenal dan mengembangkan bidang user experience dengan konsep yang sederhana. Misalnya bagaimana kita mendesign pengamalan user karena berhubung saat ini yg booming itu teknologi maka kita harus paham tentang Empati user dan terus mengembangkan Kreativitas.  

Sebuah kata kunci dalam menjalankan bisnis adalah harus fokus pada salah satu antara lain lebih cepat, lebih murah atau lebih baik. Semisal BPR Lestari dalam pelayanan jasa pemberian kredit sangat mengutamakan kecepatan dalam batas waktu 3 hari dalam link lebih jelas http://bprlestari.com/kredit/kredit-usaha-kecil.html karena kita melihat pada umumnya betapa menderitanya mereka yang butuh kredit tapi malah di buat menunggu lama tanpa kejelasan. 

Berbicara mengenai marketing sebagai pendukung perjalanan usaha, sesungguhnya kebanyakan orang saat ini selalu dekat dengan smartphone maka marketing semakin mudah dengan sosial media. Selengkapnya http://the-mni.com/strategi-posting-di-sosial-media/

Selain fokus pada marketing, kreativity adalah kunci dalam menjalankan bisnis. 

One comment

  1. Selamat BPR Lestari dengan Entrepreneur Festival 2017 nya. Udah tahun ke 4 ya! Semoga terus berkelanjutan, empowering entrepreneurs! Thanks Mbok Maha jeperetan maut nya. Sukses mulia buat Mbok Maha! Salam gowes!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s